Sabtu, 04 Juni 2011

filsafat umum


RESUME FILSAFAT UMUM
1. (YUNANI KUNO)
Periode Yunani Kuno  ini lazim disebut periode filsafat alam. Para pemikir filsafat Yunani yang pertama berasal dari Milatos, aebuah kota parantauan Yunani yang terletak dipesisir Asia kecil. Mereka kagum terhadap alam yang penuh nuansa dan ritue dan berusahan mencari jawaban atas apa yang ada dibelakang semua misteri itu.
      HLALES
Nama Thales muncul atas penuturan sejarawan Herodotus pada abad ke-9 SM. Menurut cerita Thales adalah seorang saudagar yang sering berlayar kenegeri mesir ia menemukan ilmu ukur dari Mesir dan membawanya ke Yunani. Bahka ia juga berhasil meramalkan terjadinya gerhana matahari pada tanggal 28 Mei tahun 585 SM.karena itulah ia dikenal sebgai ahli atronomis dan metafisika.
Menurut Aristoteles kesimpulan ajaran Thames ialah “ semuanya itu air “.
        ANAXIMANDROS
Anaximandros adalah murid Themas. Sama halnya dengan gurunya, anaximondros juga mencari asal segalanya. Ia tidak menerima begitu saja apa yang diajarkan oleh gurunya, yang dpat diterima oleh akalnya ialah bakwa yang asal itu satu. Tidak banyak tetapi yang satu itu bukan air, dan bukan suatu anasir yang dapat diamati oleh panca indra.
        ANAXIMENES
Ia adalah murid Anaximandros, sebab itu tidak mengherankan kalau pandangannya tentang ala mini sama dasarnya dengan gurunya,
      PYTHAGORAS
Pythagoras dilahirkan disemos antara tahun 570 sampai 580 SM. Kemudian ia bermigrasi kedaerah koloni grik dibagian selatan Italia pada tahun 529 SM. Pythagoras yang mengatakan pertamana kali bahwa alam semesta itu merupakan satu keseluruhan yang teratur, sesuatu yang harmonis seperti dalam music.

        HERACLITOS
Ia lahir Ephesus, sebuah kota perantauan di Asa kecil ia mendapat julukan sigelap. Heraclitos yang mengungkapkan pendapatnya bahwa yang ada selalu berubah. Ia mempercayai bahwa arche (asas yang lambing perubahan dari alam semesta) adalah api, Api di anggapnya sebagai lambing perubahan dan kesatuan.
      ANAXAGRAS
Ia lahir dikota Klazomenai, lonia, kemudian menetap di Athena selama 30 tahun. Anaxagras adalah ahli pikir yang pertama yang berdominsili di Athena, dimana di kemudian haru Athema inilah menjadi pusat utama perkembangan filsafat Yunani sampai abad ke- 2 SM.
      DEMOCRITOS
Ia di lahirkan dikota Abdera di pesisir Thrake di Yunani Utara, karena ia berasal dari keluarga kaya raya, maka dengan kekayaannya itu ia berpergian kemesir dan negeri – negeri di Timur lainnya. Pemikirannya adalah bahwa realitas bukanlah satu, tetapi terdiri dari banyak unsure dan jumlahnya tak terhingga.

2.PENGERTIAN FILSAFAT
      PENGERTIAN FILSAFAT
Kata filsafat berasal dari kata Yunani Filosofia, yang artinya berasal dari kata kerja Filosofien yang berarti mencintai kebijaksanaan. Kata tersebut juga berasal dari kata Yunani Philosophis yang berarti dari kata kerja Phhilien yang berarti mencintai, atau Philia yang berarti cinta, dan Saphia yang berarti Kearifan.
Filsafat umum memberikan konsep bahwa filsafat mempunyai pengertian yang multi dimensi yaitu :
      Filsafat Sebagai Ilmu
      Filsafat Sebagai Cara Berfikir
      Filsafat Sebagai Pandangan Hidup.


      ALIRAN SOFISME
Sofi adalah nama yang diberikan kepada sekelompok filsuf yang hidup dan berkarya pada zaman yang sama dengan Sokrates. Karena itu, Sofisme dipandang suatu gerakan dalam bidang Intelektual di Yunani saat itu yang disebabkan oleh beberapa faktor yang timbul saat itu  yaitu :
      Kemunduran Kaum Sufi
      Perkembangan Athena
      Kebutuhan Akan Pendidikan
      Perjumpaan Dengan Berbagai Budaya
      Para Filsuf Sofis
      Pengaruh

      FILSAFAT YUNANI KLASIK
Pada periode Yunani klasik perkembangan filsafat menujukan kepastian, yaitu di tandainya minat orang terhadap filsafat. Zaman ini bermula dengan Sokrates, tetapi ia belum sampai kepada suatu sistem filosof. Sistem ini baru dibangun oleh Plato dan Aristoteles, berdasarkan ajaran Sokrates tentang pengetahuan lain etik bersifat fisolof alam yang berkembang sebelum sokrates .
      ETIKA SOKRATES , PLATO DAN ARISTOTELES
      Metode Sokrates, dimana sesuai fisuf Yunani Sokrates, adalah suatu bentuk penelahaan filosofis dengan mengeksplorasi implikasi dari posisi lawan bicara untuk merangsang munculnya pemikiran rasional dan gagasan baru.
      Plato (bahasa Yunani) lahir sekitar 427 SM. Meninggal sekitar 347 SM.adalah seorang filsuf Yunani. Ia adalah murid Sokrate, pemikiran plato pun banyak dipengaruhi Sokrates.plato adalah guru dari Aristoteles, karyanya yang paling terkenal ialah Republik atau politelia “ negeri “ berisi uraian garis besar pada keadaan plato.ciri – ciri karya plato yaitu: Bersifat Sokratik, Adanya mite-mite.


Pandangan plato tentang ide- ide , dunia ide dan Dunia Indrawi.
      Ide – ide
Ide yang dimaksud oleh plato bukanlah ide yang dimaksud oleh orang modern, orang modern berpendapat ide adalah gagasan atau tanggapan yang ada do dalam pemikiran saja,ide juga citra pokok dan perdana dari realitas, non material, abadi dan tidak berubah. Ide juga saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
      Dunia indrawi
Dunia indrawi adalah dunia yang mencakup bend – benda jasmani yang konkrit, dapat dirasakan oleh panca indra kita.
      Dunia ide
Dunia ide adalah dunia yang hanya terbuka bagi rasio kita, dalam dunia tidak ada perubahan, ide bersifat abadi dan tidak berubah.

3. HELLENISME
Sejarah Hellenisme
Filsafaf Yunani klasik mencapai punckaknya dengan munculnya Aristoteles. Setelah Aristoteles meninggal dunia, pemikiran filsafat Yunani merosot. Lima abad sepeninggalan Aristoteles terjadi kekosongan sehingga tidak ada ahli fikir yang menghasilkan buah pemikiran filsafatnya seperti plato atau Aristoteles, sampai munculnya filosof Plotinus (204-270).
      Epicurisme
Nama Epikurisme berasal dari tokoh aliran yang Epikuros (341-270). Filsafat Epikuros hanya diarahkan pada satu tujuan, yaitu member kebahagian kepada  manusia. Untuk mencapai kebahagian manusia harus menghilangkan rasa ketakutan terhadap kemarahan dewa, kematian, dan akan nasib. Jadi yang diutamakan etika, adapun yang menjadi dasar etika ini logika dan fisikanya.
      Stoaisme
Sebagai tokohnya adalah Zeno (366-264) yang berasal dari Citium, Cyprus. Ajarannya mempunyai persamaan dengan Epikurus. Pokok ajaranya adalah bagaimana  manusia dalam hidupnya dapat bahagia. Untuk mencapai kebahagian tersebut   manusia harus harmonis terhaap dunia (alam) dan harmonis dengan dirinya sendiri. Apabila manusia telah dapat mencapai harmonis dengan dirinya sendiri, itulah seungguhnay manusia dalam keadaan Apatheia, yaitu keadaan tanpa rasa (pathe) atau keadaan manusia dimana dirinya dapat menguasai segala perasaannya.

     Skeptisisme
Skeptis artinya ragu – ragu . mereka ragu – ragu untuk menerima ajaran – ajaran yang dari ahli filsafat sebelumya.. Seorang ilmuan mengatakan , “ saya kira masalahnya begini dan begitu, tetapi saya tidak yakin, “seorang yang memiliki keingintahuan intelektual berujar “
Dimana Helen – Romawi ada dua sekolah Skeptis. Kedua –duanya sama pendiriannya, keduanya ragu – ragu tentang ajaran kaum klasik yang menyatakan bahwa kebenaran dapat diketahui. Tetapi dalam hal apa yang dimaksud dengan sikap ragu – ragu itu, kedua sekolah ini berbeda pahamnya, sekolah yang satu disebut kaum Skeptis aliran Pyrrhon dari Elis.
     Neoplatonisme
Platonus dilahirkan di Lycopolic (mesir) pada tahun 203 M. Plotinus hidup diabad kedua, kurang lebih empat abad setelah plato. Dizaman itu agama Kristen sudah berkembang didaerah timur tengah dan eropa. Plotinus sendiri tinggal didaerah mesir, dekat dengan salah satu pusat agama Kristen, Alexsandria. Dia juga berguru pada seorang yang bernama Ammonius Saccas yang mengajarkan pada filsafat. Kemudian ia sampai pergi Persia dan bersentuhan dengan budaya timur disana. Semuanya ini membuat filsafat Plotinus yang merupakan analisis serta kritik dari aliran filsafat yang berkembang diwaktu itu. Dari ajaran plato , Kristen, filsafat timur, Epikurisme dan Stoaisme, serat Gnostik. Kedekatannya pada ajaran plato kemudian menimbulkan label Neoplatonisme pada ajaran plato.




4. MASA PATRISTIK
      Masa Patristik
Istilah patristic berasal dari kata latin pater atau bapak, yang artinya para pemimpin gereja. Dari golongan ahli pikir inilah menimbulkan sikap beragam pemikirannya. Mereka ada yang menolak filsafat Yunani dan ada yang menerimanya. Akibatnya muncul upaya untuk membela agama Kristen , yaitu para apologis dengan  kesadarannya membela iman Kristen dari serangan filsafat Yunani. Para membela iman tersebut adalah Justinus Martir, Klemens, Tertullianus, Augustinus dan lain-lain.
      Justinus Martir
Nama aslinya Justinus. Kemudian nama Martir di ambil dari istilah oraang – orang yang rela mati hanya untuk kepercayaan.
Justinus berhasil menciptakan filsafat Kristen yang komprehensip dan Universal, serta paham idealism berdasarkan agama natural’’ tentang manusia fitrah “ yang berlawanan dengan ajaran dogmatis tentang “ dosa besar “. Ajaran Justin mendapat  reaksi dari Taite.
      Klemens (150 – 215 M )
Klemens berasal dari Alexandria, kota pengembangan filsafat Timur. Pemikirannya yang utama tentang pemaduan agama dengan filsafat untuk tujuan ini klemens membagi fungsi kepada dua bagian :
pertama, bagi yang non Kristen filsafat dapat mengantarkan seseorang pemahaman injil, karena filsafat tersebut sama nilainya dengan arti hokum Taurat bagi Yahudi.
Kedua, bagi yang Kristiani filsafat dapat menghantarkan seseorang kepada pengenal Tuhan. Pemikiran Klemens didasari pada pistis dan pistis penting bagi orang Kristiani. Tetapi iman bukan segalanya karena disamping iman terdapat apa yang disebut Genosis yang mempunyai Metode pendekatan yang berbeda.
      Tertullianus (160 – 222M)
Beliau berasal dari Karthago. Dengan latar belakang keluarga non Kristen, kemudian ia menjadi teolog besar. Ia menolak kehadiran filsafat Yunani karena filsafat di anggap sesuatu yang tidak perlu. Baginya perpendapat, bahwa wahyu Tuhan sudahlah cukup.pemikirannya tentang Tuhan bersifat antropomorfis, akan tetapi lama kelamaan, Tertullianus akhirnya menerima juga berpikir yang rasional diperlukan sekali.
      Augustinus (354 – 430 M)
Berasal dari Thagaste – Numedia, lahir dan wafat di Afrika Utara (sekarang al – Jazair). Augustinus memiliki Ayah non Kristen, tetapi memiliki Ibu seorang Kristiani yang saleh. Prestasi akademiknya di mulai ketika ia membuka sekolah di Kartage dan guru Retorik di Roma dan Milano. Agustinus memiliki tidak kurang dari 240 buah karya. Namun tulisan terpenting dan masih ada samih ada sampai saat ini adalah :
      Cosfesion , sebuah buku sastra dan filsafat.
      De Civitate (The City of God) berisikan kritikan terhadap agama pagan (berhala)
      De Trinitate (Trinistas)
5. MASA SKOLASTIK
Istilah Skolastik adalah kata sifat yang berasal dari scool, yang berarti sekolah. Jadi, skolastik berarti aliran atau yang berkaitan dengan sekolah. Perkataan skolastik meurupakan corak khas dari sejarah filsafat abac pertengahan. Terdapat beberapa corak khas skolastik yaitu sebagai berukit :
      Filsafat  Skolastik adalah filsafat yang mempunyai corak semat – mata agama. Skolastk bagian dari kebudayaan abad pertengahan yang religius.
      Filsafat Skolatik adalah filsafat yang mengabdi pada teologi atau filsafat yang rasional memecahkan persoalan  mengenai berpikir, sifat ada, kejasmanian, kerohanian, baik buruk. Dari rumusan tersebut kemudian muncul istilah Skolastik Yahudi, Skolastk Arab dan lain- lainnya.
      Filsafat Skolastik adalah suatu sistem filsafat yang termasuk jajaran pengetahuan alam kondrat, akan dimasukkan ke dalam bentuk sintesis yang lebih tinggi  antara kepercayaan dan akal.
      Filsafat Skolastik adalah filsafat Nasrani  karena banyak dipengaruhi ajaran gereja.

Diantara tokoh – tokohnya adalah :
      Anselmus (1033 – 1109 M)
Anselmus berasal dari Aosta, Piemont. Kedalaman pengetahuan keagamaannya menyebabkan beliau diangkat menjadi uskup di Canterbury. Filsafatnya yang utama adalah tentang iman dan pengetahuan. Menurut Anselmus,keduanya harus selalu dipadukan, sehingga mampu menjebatani antara pengetahuan berdasarkan akal budi dengan pengetahuan atas dasar wahyu.
      Peter Abaelardus (1079 – 1180 )
Ia dilahirkan di Le Pallet, Prancis ia mempunyai kepribadian yang keras dan pandangannya sangan tajam sehingga sering kalin bertengkar dengan para ahli pikir dan pejabat gereja. Anselmus  yang mengatakan bahwa berpikir harus sejalan dengan iman, tetapi Abaelardus member alas an bahwa berpikir itu berada di luar kepercayaan.karena itu berpikir merupakan suatu yang berdiri sendiri. Hal ini sesuai dengan metode dialektika yang tampa ragu ditunjukkan dalam teologi, yaitu bahwa teologi harus memberikan tempat bagi samua bukti – bukti.

      Skolatik Puncak (1200 – 1300 )
Beberapa  faktor mengapa masa Skolastik mencapai masa puncak yaitu :
      Adanya pengaruh dari Aristoteles, ibn Rusyd, Ibn Sina sejak abad ke- 12 sehingga sampai abad ke – 13 setelah tumbuh menjadi ilmu pengetahuan yang kuas.
      Tahun 1200 didirikan Universitas Almamater di Prancis
      Berdiri ordo. Ordo inilah yang muncul karena banyakny perhatian orang terhadap ilmu pengetahuan sehingga menimbulkan dorongan yang kuat untuk memberikan suasana yang semarak pada abad ke-13.

Upaya Kristenisasi Ajaran Aristoteles
Pada mulanya hanya ahli pikir yang membawa dan meneruskan ajaran Aristoteles , akan tetapi upaya ini mendapat perlawan dari Augustinus. Hal ini disebabkan oleh adanya suatu anggapan bahwa ajaran Aristoteles  yang mulai dikenal pada abad ke – 12 telah dicemar oleh ahli pikir Arab( islam ). Hal ini di anggap sangat membahayakan ajaran Kristen. Keadaan yang demikian ini bertolak belakang bahwa ajaran Aristoteles masih di ajarkan di fakultas, bahkan dianggap sebagai ajaran yang penting dan harus dipelajari.
Diantaran tokoh – tokohnya adalah :
      Albertus Magnus (1203 – 1280 )
Disamping sebagai biarawan, Albertus Magnus juga dikenal sebagai cendekiawan abadpertengahan. Ia lahir dengan nama Albert Von Bollstadt yang juga dikenal sebagai “ doctor universitas “ dan “ doctor magnus “, kemudian bernama Albertus Magnus (Albert the Great).ia mempunyai kepandaian luar biasa. di universitas Padua ia belajar artes liberals, ilmu – ilmu pengetahuan alam, kedokteran, filsafat Aristoteles, belajar teologi di Bulogna, dan masuk ordo Dominica tahun 1223, kemudian masuk ke koln menjadi dosen filsafat dan teologi.
      Thomas Aquinas (1225 – 1272 )
Nama sebenarnya adalah Santo Thomas Aquinas, yang artinya Thomas yang suci dari Aquinas. Disamping sebagai ahli pikir , ia juga seorang dokter gereja bangsa Italia. Ia lahir di Racca Secca, Napoli.Italia. ia merupakan tokoh terbesar Skolastisisme, setelah seorang suci gereja Katolik Romawi dan pendiri aliran yang dinyatakan menjadi filsafat resmi gereja Katolik. Tahun 1245 belajar pada Albertus Magnus. Pada tahun 1250 ia menjadi guru besar dalam ilmu agama di Prancis dan tahun 1259 menjadi guru besar penasehat istana Paus.
      Skolastik Akhir( 1300 -  1450 )
Masa ini ditandai dengan adanya rasa jemu terhadap segalam macam pemikiran filsafat yang terjadi kiblatnya sehingga memperlihatkan stagnasi(kemandegan).
Diantara tokoh – tokohnya adalah :
      William Ockham (1285 – 1349 )
Ia merupakan ahli pikir Inggris yang beraliran Skolastik. Karena terlibat dalam pertengkaran umum dengan Paus John XXII, ia dipenjara di Avignon, tetapi ia dapat melarikan diri  dan mencari perlindungan pada Kaisar Louis IV. Ia menolok ajaran Thomas dan mendalilkan bahwa kenyataan itu  hanya terdapat pada benda – benda satu demi satu, dan hal – hal yang umum itu hanya tanda – tanda absrtak.
Menurut pendapatnya, pikiran manusia hanya dapat mengetahui barang – barang atau kejadian individual. Konsep atau kesimpulan umum tentang alam hanya merupakan abstraksi buatan tanpa kenyataan.
      Nicolas Cusasus ( 1401 – 1464 )
Ia sebagai tokoh yang terakhir masa skolastik. Menurut pendapatnya terdapat tiga cara cara untuk mengenal, yaitu lewat indra, akal, dan  intuisi. Dengan indra kita dapat mengetahui tentang benda – benda berjasadm yang sifatnya tidak sempurna. Dengan akal kita akan mendapat bentuk pengertian yang abstrak berdasarkan pada kajian atau tangkapan indra. Dengan intuisi, kita akan mendapat pengetahuan yang lebih tinggi. Hanya dengan intuisi inilah kita akan dapat mempersatukan apa yang oleh akal tidak dapat dipersatukan.
6.FILSAFAT ISLAM
      Filsafat Islam adalah perkembangan pemikiran umat Islam dalam masalah ketuhanan, kenabian, manusia dan alam semesta yang disinar jalan Islam
      Ibrahim Makdur, filsafat Islam adalah pemikiran yang lahir dari dunia Islam untuk menjawab tentang zaman, yang meliputi Allah alam semesta, wahyu dan akal, agama dan filsafat.
      Ahmad Faud Al-Ahwany, filsafat Islam adalah pembahasan tentang alam dan manusia yang disinari ajaran Islam.
      Muhammad Athif Al-Iraqy, filsafat Islam yang didalamnya tercakup  ilmu kalam, ilmu ushul fiqh, ilmu tasawuf , dan ilmu pengetahuan lainnya.
      Dorongan Al-Qur’an terhadap akal dan pemikiran filsafat
Al-qur’an adalah himpunan wahyu Allah yang doturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-qur’an adalah kitab suci agama islam yang berisi tentang tuntutan dan pedoman bagi manusia dalam menata kehidupan mereka agar memperoleh kebahagian di dunua dan diakhirat lahir dan batin.

      Hubungan filsafat islam dengan ilmu keislaman lainnya.
      Filsafat Islam dan Ilmu Kalam, diarttikan dengan perkataan dan ucapan, sementara dalam ilmu kalam agama , yang dimaksud  dengan kalam adalah firman Allah.
      Filsafat Islam dan Tasawuf, tasawuf berasal dari kata sufi, yakni sejenis wol kasar yang terbuat dari bulu yang dipakai oleh orang yang hidup sederhana , namun berhati suci dan mulia.tasawuf merupakan ilmu yang mempelajari cara dan jalan bagaimana seorang islam berada sedekat mungkin dengan Allah AWT.
      Filsafat Islam dan Ushul Fiqh, ushul fiqh ilmu pengetahuan tentang kaidah dan bahasa yang dijadikan acuan dalam menatapkan hokum syariat mengenai perbuatan manusia berdasarkan dalil secara detail.
     Filsafat Islam dengan Sain, dapat dilihat bahwa terdapat hubungan erat antara filsafat islam dengan ilmu kalam , tasawuf dan ushul fiqh. Hubungan yang serupa dengan filsafat dan sain, sebagaiman diketahui, filsafat merupakan suatu ilmu yang mencakup seluruh lapangan ilmu pengetahuan.
      Hubungna filsafat islman dengan filsafat Yunani.
Dalam rekaman sejarah, cara terjadi kontak antara umat islam dari filsafat yunani juga sain melalui daerah suria, Mesopotamia, Persia, dan mesir.
      Filsafat islam
Filsafat adalah kata majemuk  berasal dari bahasa yunani, yakni filosofia dan filosofes, philo, berarti cinta sedangkan sofia atau sopos bearti pengetahuan atau kebiksanaan. Jadi filsafat secara sederhana bearti cinta kepada pengetahuan atau kebijaksanaan.
Sedangkan filsafat islam adalah perkembangan  pemikiran umat islam dalam masalah ketuhan,kebanian, manusian dan alam semesta yang di sinari jalan islam. Dorongan al-qur’an terhadap akal dan pemikiran filsafat
Tokoh – tokoh filsafat
      Al-kindi
Nama lengkap al-kindi adalah abu yusub ya’cub ibn ishaq iIbn al  – sabah ‘imran ibn muhammad ibn al-asy’as Ibn Qais al – kindi.al-kindi dilahirkan di kufah sekitar tahun 185H(801M)Dari keluarga kaya dan terhormat.
Karya al – kindi
      Kitab al-kindi ila al-Mu’tashim billah fi al-fasalah al-ula (tentang filsafat pertama)
      Kitab al- falsafah al-Dakhilat wa al-Manthiqiyyah wa al Muqtasahah wa ma fawqa al-Thabi’iyyah (tentang filsafat yangdiperkenalkan dan masalah logika dan muskil, serta metafisika).
      Kitab fi Annahu La Tanalu al-Falsafah illa bi ' ilm al-Riyadhiyyah (tentang filsafat tidak dapat di capai  kecuali dengan ilmu pengetahuan dan metematika )
      kitab fi Qashd Aristhathalis fi al-Maqulat (tentang maksud Aristoteles dengan kategori - kategorinya )
      kitab fi Ma'iyyah al-ilm wa Aqsamihi (tentang sifat ilmu pengetahuan dan klasifikasinya).
C. Pemaduan Filsafat dan Agama
salah satu usaha Al- Kindi memperkenalkan filsafat ke dunia Islam dengan cara mengetok hati umat supaya menerima kebenaran walaupun dari mana sumbernya.menurutnya kita tidak pada tempatnya malu mengekui kebenaran dari mana saja sumbernya  bagi mereka yang mengekui kebenaran  tidak ada sesuatu yang lebih tinggi nilainya  selain kebenaran itu sendiri dan tidak pernah meremehkan dan merendahkan martabat orang yang menerimanya.
D. Filsafat Ketuhanan
Tulisan Al-Kindi yang menbicarakan ke Tuhana antara lain Fi-al Falsafah al-Ula dan fi Wahdaniyyah Allah wa tanahi Jirn al-alam.dari tulisan tersebut dapat dilihat bahwa pandangan Al- Kindi tentang ketuhanan sesuai dengan ajaran Islam dan bertentangan dengan Aristoteles , Plato, dan Plotinus.
E. Alam
Didalam risalahnya yang berjudul al-ibanat an al-illat al-fa illat al- qaribat fi kawn wa al-fasad, perpendapat Al-Kindi sejalan dengan Aristoteles bahkan benda di alam ini dapat dikatakan wujud yang aktual apa bila terhimput 4 illst, yakni :
a.    al-shuriyat / bentuk benda
b.    al-faillat/ pembuat benda, agent.
c.    al-unsuriyyat/ materi benda
d.    al-tamamiyyat/ manfat benda.

F. Filsafat Jiwa
Tidak mengherankan bahwa pembahasan tentang jiwa menjadi agenda penting dalam filsafat Islam. hal ini disebabkan jiwa termasuk unsur pertama dari manusia bahka ada yang mengatakan sebagai intisari dari manusia. Menurut Al-Kindi adalah jiwa  menentang keinginan hawa nafsu. apabila hawa nafsu marah mendorong manusia untuk melakukan kejahatan, maka jiwa menetangnya.
2. AL- FARABI
Nama lengkap adalah Abu nashr Muhammad ibn Tharkhan ibn Auzalag dan gelar " al - Farabi ". ia lahir pada tahun 259H/872M.sejarah hidup ia tidak begitu jelas ,pada tahun 330H/941M. Al-Farabi pindah ke Damaskus dimana ia kemudian berkenalan dengan Gubernur Alppo(halap),saifuddaulah al-Hamdani.
Karya Al-Farabi
a.    Maqalah fi Aghradhi ma ba'da al-thabi'ah
b.    Ihsha'u al- Ulum
c.    Kibat Ara'i Ahli' I-Madinah al-Fadhilah
d.    Kitab tahshilu 's-Sa' adah
e.    'Uyum al-Masa'il.
f.    Risalah fi'I-Aql.

C. Filsafat Al-Farabi terdiri dari :
1.     Rekonsiliasikan al-Farabi
Al-farabi telah berhasil merekonsiliasikan beberapa ajaran filsafat sebelumnya, seperti Plato dan Aristoteles dan juga antara agama dan filsafat. Al-farabi berkeyakinan bahwa aliran filsafat bermacam - macam hakikatnya cuma satu, yaitu sama - sama mencari kebenaran yang satu, yaitu sama - sama mencari keberan yang satu.
2. Ketuhanan
Al- Farabi dalam pembahasan tentang ketuhanan mengompromikan antara filsafat Aristoteles dan Neo-Platinisme, kemudian dalam membuktikan al adanya Allah al-Farabi mengemukakan dalil wajib al-wujud danmumkin-wujud.
3. Emanasi
Al-Farabi menemui kesulitan dalam menjalankan bagaimana terjadinya yang banyak / alam yang bersifat materi dari yang Esa (Allah),jauh dari arti Maha sempurna.
4. Kenabian
Filsafat kenabian Al-Farabi erat kaitannya antara Nabi dan Filsafat dalam kesanggupannya untuk mengadakan komunikasi dengan akal (fa'al ).

3.IBNU SINA
Nama lengkapnya Abu Ali al-Husein ibn Abdullahibn al-Hasan ibnu Ali ibnu Sina. ia lahir di desa Afsyanah, dekat bukhara, Transoxiana (Pesia Utara) pada tahun 370 H(8-980M).
Karya Ibnu Sina
1. Al-Syifa, latihannya Sanatio (penyembuh ), ensiklopedi yang terdiri dari 18 jilid mengenai fisika, matematika, dan metafesika. Kitab ini di tulis pada waktu menjadi meteri Syams al-Daulah dan selesai pada masa 'Ala'U al-Daulah di Isfahan.
2. Al-najah, latinnya (penyelement), ringkasan dari ai-Syafa.
3. Al-Isyarah wa al-Tanbinah (isyarat dan peringatan), mengenai logika dan hikmah.
4. Al-Hikmah al-'Aruddiyyah
5.Hidayah al-Rais li al-Amir
6. Risalah fi al-Kalam ala al-Nafr al-Nathiqiyah.
C. Filsafat Ibnu Sina terdiri dari :
1.     Al-Tawqa / Rekonsiliasi antara Agama dan Filsafat
Sebagaimana Al-farabi, Ibnu Sina juga mengusahakan pemanduan agama dan filsafat. Ibnu Sina , sebagaimana Al-Farabi juga memberikan ketegasan tentang perpedaan antara para Nabi dengan Filosof.
2. Ketuhanan
Ibnu Sina dalam membuktikan adanya Tuhan (Isbat wujud Allah ) dengan dalil wajib al-wujud dan mumkim al-wujud menegaskan duplikat Al- Farabi, seperti tidak ada tambahan sama sekali.
3. Emanasi
Ibnu Sina sebagaimana juga Al-Farabi menemui kesulitan dan menjelaskan bagaimana terjadinya yang banyak yang bersifat materi (alam) dari yang Esa, jauh dari arti,jauh dari arti banyak, jauh dari materi, Maha sempurna, tidak ada berhendak apapun (Allah)
4. Jiwa
Harus diakui bahwa keistimewaan pemikiran Ibnu Sina terletak pada filsafat jiwa. kata jiwa dan dalam Al-Qur'an dan hadis di istilahkan dengan al-Nafs atau atau al-Ruh sebagaimana terekam dalam surat Shad : 71-72, al-isra; 85 dan Al-Fajr; 27-30.

7. AL- GHAZALI 
Al- Ghazali bernama lengkap Abu Hamid Muhammad ibnu Ahmad Al- Ghazali Al- Thusi. ia lahir pada tahun 450H/1085M di Ghazal, Thus, Provinsi Khurasan, Republik Islam Iran.
Al-Ghazali belajar Fiqh dan ilmu - ilmu dasar yang lain dari Ahmad al-Radzkani di Thus. kemudian ia belajar tasawuf kepada Yusuf al-Nassj. tahun 473 H, pada tahun 484 H Al- Ghazali di angkat menjadi guru besar di Madrasah Nizhamiyah, Baghdad selama kurang lebih 4 tahun.
A. Karya Al- Ghazali
karya Al- Ghazali diperkirakan mencapai 300 buah , diantaranya adalah : Maqashid al-Falasifah, Tahajut al-Falasifah, Mi'yar al-'Ilm. Ihya 'Ulum al- Din, Al-Muqidz min al-Dhalal, Al-Ma'arif al-Aqliah, Misykat al-Anwar, Minhaj al-Abidin, Al-Iqtishad fi al-Itaqad, Ayyuha al-Walad, Al-Mustashfa, al-Awwam am' 'Ilm al-Kalam, dan Mizan al- Amal.
B. Filsafat Al-Ghazali terdiri dari :
1. Epistimologi
pada mulanya Al-Ghazali beranggapan bahwa pengetahuan itu adalah hal yang dapat di tanggap oleh panca indra, tetapi kemudian ternyata baginya bahwa panca indra juga berdusta.karena tidak percaya kepada panca indra, Al- Ghazali kemudian meletakkan kepercayaannya kepada akal.
2. Metafisika
Al-Ghazali memberikan reaksi keras terhadap Noe-Platonisme Islam, menurutnya banyak sekali terdapat kesalahan filsuf. untuk itu Al-Ghazali mengancam secara langsung dua tokoh Neo-Platonisme Muslim (Al-Farabi dan Ibnu Sina ), dan tidak langsung kepada Aristoteles.
3. Moral
Ada tiga penting mengenai tujuan mempelajari akhlak, yaitu :
1.     Mempelajari akhlak sekedar sebagai studi murni teoritis, yang berusaha memahami ciri kesusilaan (moralitas ), tetapi tanpa maksud mempengaruhi perilaku orang yang mempelajarinya.
2.    Mempelajari akhlak sehingga akan meningkatkan sikap dan prilaku sehari - hari.
3.    Karena akhlak merupakan subyek teoritis yang berkenaan dengan usaha yang menemukan kebenaran tentang hal - hal moral.

4.Jiwa
Menurut Al-Ghazali diciptakan Allah sebagai makhluk yang terdiri dari jiwa dan jasad. jiwa bagi Al-Ghazali adalah suatu zat dan bukan suatu keadaan atau aksiden, sehingga ia pada dirinya sendiri. Adapun hubungan jiwa dan jasad dari segi pandangan moral adalah setiap jiwa diberi jasad, sehingga dengan bantuan jiwa bisa mendapat bekal bagi hidup kekalnya.


2 . IBNU THUFAIL
Ibnu Thufail bernama lengkap Abu Bakar Muhammad ibn Abd al- Malik ibn Muhammad ibn Muhammad ibn Thufail al -Qaisyi. di barat di kenal dengan Abubacer. ia lahir pada tahun 506 H( 1110 M ) di Guadix, 40 mil dari Timur Laut Granada dan meninggal di kota Marraqesh, Marokko pada 582 H ( 1185 ).
A. Karya Ibnu Thufail
1. Al-Bithruji yang berjudul kitab al - Hai'ah
2. Ibn Rusyd yang berjudul Fi al-Buqa' al-Maskunah wa al-Ghazali al-Maskunnah.
B. Filsafat Ibnu Thufail terdiri dari :
a.    Filsafat dan Agama, menurut Ibnu Thufail , filsafat dan agama adalah selaras, bahkan merupakan gambaran dari hakikat yang satu. yang dimaksud agama disini adalah batin dari syari'at Ibnu Thufail juga menyadari adanya perbedaan tingkat akal antara sesama manusia.
b.    Metafisika ,Dengan akal Ibnu Thufail  telah mengetahui Allah. dalam membuktikan adanya Allah Ibnu Thufail mengemukakan tiga argumen yaitu : 1 .Argumen Gerak (al-harakat),gerak adalah mini mennjadi bukti tentang adanya Allah baik bagi orang yang menyakini alam baharu maupun bagi orang yang menyakini alam Qadim.
2. Argumen Materi (al-madat ) dan bentuk (al-shurat ),Ibnu Thufail dapat membuktikan adanya Allah bagi orang yang menyakini  alam Qadim maupun hadisnya.
3.Argumen al-Ghaiyyat dan al-'inayat al-Ilahiyyat, Agumen ini berdasarkan pada kenyataan bahwa segala yang ada di alam ini mempunyai tujuan tertentu.
c.    Epitimologi, Ibnu Thufail menjelaskan bahwa ma'rifat itu dimulai dari panca indra, Ibnu Thufail juga menjelaskan bahwa ma'rifat melalui akal di tempuh dengan jalan keterbukaan , mengamati, mencari, mencoba, membandingkan, klasifikasi, generasi, dan menyimpulkan.
d.    Jiwa, Ibnu Thufail adalah makhluk yang tertinggi martabatnya. Manusia terdiri dari dua unsur , yaitu jasad dan roh.
3. IBNU RUSYD
Nama lengkap Ibnu Rusyd adalah Abu al-Walid Muhammad ibn Muhammad ibn Rusyd , di Barat dan di Literature Latin Arad Tengah akhir ia di kenal dengan nama Avarroes. Ibnu Rusyd lahir di Cardova pada 520 H (1126 M) dari keluarga yang terkenal alim dalam ilmu fikih di Spanyol- Islam.
Karya Ibnu Rusyd
Ibnu Rusyd menulis dalam bidang ilmu fiqih , kedokteran, ilmu falak, filsafat, dan lain- lainya. karya yang paling besar berpengaruh di Barat yaitu Averroism adalah komputer atau karya - karya Aristoteles. karya - karya yang lain adalah : Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al-Muqtashid fi al - Fiqh, dan lain - lain.
Filsafat Ibnu Rusyd terdiri dari :
a.    Metode Pembuktian Kebenaran, sejalan dengan pengajaran syari'at untuk pembuktian kebenaran konsep (tashdiq), metode yang dapat dipergunakan ada tiga macam yaitu ; 1. Metode Retorika(al-Khatabiyyah) 2,Metode Dialektik (al-Jadaliyyah),3. Metode Demonstratif (al-Burhaniyyah).
b.    Metafisika, dalam masalah ketuhanan, Ibnu Rusyd berpendapat bahwa Allah adalah Penggerak Pertama (muharrik al-awwal). sifat positif yang dapat diberikan kepada Allah ialah "akal" dan "Maqqul".Wujud Allah ialah Esa-Nya. wujud  dan ke- Esa-an tidak berbeda dari Zat- Nya.
c.    Tanggapan Terhadap Al-Ghazali, Melalui buku Tahafut al-Falasifah (Kekacauan Pemikiran para Filsuf),Al- Ghazali melancarkan kritik keras terhadap para filsuf dalam 20 masalah.
d.    Moral, Ibnu Rusyd membenarkan Teori Plato bahwa Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan kerja sama untuk memenuhi keperluan hidup dan mencapai kebahagian.


4.FILSAFAT ISLAM PASCA IBNU RUSYD
Tokoh - tokoh filsfat Islam panca Ibnu Rusyd yaitu :
1.     Nashruddin Thusi, Nama lengkap Thusi adalah Abu Ja'far Muhammad ibn Muhammad al- Hasan Nashir al-Din al-Thuai al-Muhaqqiq lahir pada tanggal 18 Februari 1201M / 597 H di Thus , sebuah kota di Khurasan, tempat ia menerima pendidikannya yang pertama dari Muhammad ibn Hasan.
Karya Ibn Nashruddin Thusi yaitu : Asas al-Iqtibas, al-Tajrid fi 'Ilm al-Mantiq, Ta'dil al-Mi'yar, Tajrid al-Aqa'id, Qawa' id al-Aqa' id, dan lain sebagainya.
2.            Suhrawardi al-Maqtu ,Nama lengkapnya Syaikh Syhihab al-Din  Abu al-Futuh Yahya ibnu Habasy ibn Amirak al-Suhrawardi, ddilahirkan di Suhrawardi, Irak Barat Laut, dekat Zanjah pada tahun 548 H/1153M.
Karyanya Suhrawardi al-Maqtul tidak kurang dari 50 karya filsafat dan genotik dalam bahasa Arab dan Persia yang berisi tentang pengajaran dan kaedah teosofis, yaitu Talwaihat, Muqawamat, Mutharahat, dan Hikmat al-Isyraq, karangan pendek tentang filsafat yaitu;Hayakil al-nur, al- Alwah al-'imadiyah, partaw - nawah, Fi I'tiqat dan lain- lainnya.
3. Mulla Shadra, Nama lengkapnya Muhammad ibn Ibrahim Yahya Qawami Syirazi, sering disebut Shadr al-Syirazi atau Akhund Mulia Shadra, ia lahir di Syizas pada tahun 979 / 980 H atau 1571 / 1572 M dari sebuah keluarga terkenal.
Karya Mulla Shadra yaitu ;Al- Hikmah, Al- aliyah fi Asfar al-Aqiyyah al-Arba 'ah, al-Hasyr, Al-'Arsyiyyah dan lain sebagainya.
4. Muhammad Iqbal,Muhammad Iqbal penyair lahir pada tahun Dzulhijjah 1289 H atau 22 Februari 1873 M di Sialkot.
Karya Muhammad Iqbal yaitu ; Ilm al-Iqtisab, Development of Metphysics in Persia, Islam as a   Moral and Polotical Ideal dan lain sebagainya.
8  SKEPTISISME
1. SKEPTISISME
A. Tokoh Skeptisisme adalah Pyree ( 360 - 270 SM)
B. Pokok Ajarannya, yaitu tentang bagaimana agar dapat hidup berbahagia , sebagai besar hidup manusia itu tidak bahagia, sehingga manusia sukar sekali mencapai kebiksanaan. Syaratnya manusia perlu  untuk tidak mengambil karena orang  yang tidak pernah mengambil keputusan itu disebut orang yang tidak pernah keliru.
2.  RASIONALISME
A. Tokoh Rasionalisme yaitu Rene Descartes ia lahir pada tanggal 31 Maret 1596 di La Haye.
B. Pokok Ajarannya yaitu, ilmu pengetahuan itu satu, tanpa bandingannya harus disusun oleh satu orang , sebagai bangunan yang berdiri sendiri menurut satu metode yang umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar